Atap Sirap Ulin

Atap sirap berasal dari kayu ulin (besi). Atap sirap ada dua macam, atap sirap circle dan atap sirap belah. Atap sirap circle dibuat menggunakan mesin sedangkan atap sirap belah dibuat menggunakan parang. Atap sirap circle maupun atap sirap belah dibuat dalam dua bentuk, yaitu atap sirap lancip dan atap sirap kotak. Produksi atap sirap ada di Kalimantan, tetapi pemakai atap sirap justru banyak di Jawa dan Bali.

Atap sirap banyak digunanakan untuk atap bangunan hotel, gedung-gedung bersejarah, dan rumah tinggal yang pemiliknya menginginkan kesan natural. Dengan memakai atap sirap, sebuah gedung akan terasa lebih sejuk dan mempunyai nilai estetika tinggi. Selain itu, atap sirap merupakan atap yang paling tahan terhadap gempa, karena terbuat dari kayu (sirap).

Namun, teknik pemasangan atap sirap berbeda dengan teknik pemasangan atap yang berupa genteng dan sejenisnya. Pemasangan atap sirap memerlukan tenaga-tenaga ahli di bidangnya. Kesalahan pemasangan sirap secara teori dan teknik di lapangan, bisa membuat atap mudah bocor. Pemasangan atap sirap yang secara teori tepat dan secara teknis dikerjakan dengan benar oleh tenaga yang berpengalaman, maka akan menghasilkan atap yang kokoh luar biasa. Tahan akan terjangan derasnya air hujan dan kencangnya angin sampai berpuluh-puluh tahun. Bahkan, jika pemasangannya tepat, akan sangat tahan terhadap goncangan gempa besar sekalipun.

Di Indonesia yang notabene adalah kawasan rawan gempa karena berada di antara dua lempeng indo-australia dan eurasia,  akan lebih aman jika membuat rumah dengan menggunakan atap sirap. Karena, atap sirap adalah atap yang paling tahan terhadap gempa karena terbuat dari kayu (sirap) hingga tidak mudah pecah. Seseorang yang mendambakan keamanan, kenyamanan, dan nilai estetika tinggi, sudah selayaknya memilih menggunakan atap sirap dalam pemilihan atap rumah. Maka, jangan gadaikan kualitas pemasangan atap sirap hanya karena faktor harga jasa pemasangan sirap yang menawarkan harga murah tapi dikerjakan oleh tenaga-tenaga yang kurang profesional dan pengerjaan yang asal-asalan.

Kami, CV  Bumi Perkasa, sebuah perusahaan yang didirikan oleh seorang teknisi pemasangan atap sirap, bapak Abdul Haq, yang telah malang melintang bekerja sebagai teknisi lapangan untuk pemasangan atap sirap, menawarkan produk dan jasa pemasangan atap sirap di seluruh wilayah Indonesia. Pengerjaan pemasangan atap sirap yang kami kerjaan, di lapangan dilakukan sendiri oleh bapak Abdul Haq dan dibantu oleh tenaga-tenaga yang berpengalaman.


atap sirapatap sirap ulin

tag: harga jasa atap sirap kayu ulin besi bulian kalimantan di jawa dan bali - teknik atap sirap - atap kayu - produk dan jenis sirap lancip kotak - atap sirap ulin. atap sirap kayu besi - iron wood shingle roof.